Salurkan sumbangan Anda ke Dompet Gus Dur untuk bencana atas nama Yayasan Lembaga Abdurrahman Wahid di Bank Mandiri No. Rekening 070 000 46 89 621 / Bank Mandiri Cabang Menara Bidakara - Jakarta / Kode Swift: BMRIIDJA <---> Transfer your donation for Wasior, Mentawai and Merapi victims through Dompet Gus Dur to Yayasan Lembaga Abdurrahman Wahid (Account Number: 070 000 46 89 621 / Bank Mandiri Cabang Menara Bidakara Jakarta 12190 - Indonesia / SWIFT Code: BMRIIDJA)

Indonesia English


Demokrasi harus berlandaskan kedaulatan hukum dan persamaan setiap warga negara tenpa mebedakan latar belakang ras, suku agama dan asal muasal, di muka-undang-undang.

Berita

    Untuk Membangun Pemerintahan Alternatif Diperlukan Kejujuran dan Konsep

    Jakarta, gusdur.net
    Untuk membangun sebuah pemerintahan alternatif dibutuhkan kejujuran dari para pemimpin yang ada di dalamnya, para pemimpin itu juga harus telah mempunyai konsep arah pemerintahan alternatif itu.

    “Yang dibutuhkan sebenarnya sederhana saja, yaitu apakah kita jujur kepada rakyat ? Kalau memang jujur, lalu apa konsepnya ke depan yang akan diperbuat?” kata Gus Dur menjawab pertanyaan peserta pertemuan Koalisi Nasional dengan Gus Dur di Sekeretariat Bersama Koalisi Nasional, Jl. Penjernihan, Jakarta, Senin (10/02/2003) siang.

    Kepada peserta pertemuan itu, Gus Dur menawarkan empat konsep yang selama ini diusungnya yaitu, pembaharuan sistem ekonomi, sistem politik, sistem etika dan pendidikan nasional.

    Ia pun menyatakan dirinya telah siap untuk mencalonkan diri sebagai Presiden, dengan asumsi pemilu yang akan datang terlaksana sesuai jadwal. “Tinggal menunggu perintah kyai-kyai saja. Sekarang yang sudah keluar baru izin, belum perintah.”

    Soal apakah aksi ekstra parlementer yang meminta Megawati dan Hamzah lengser adalah konstitusional, Gus Dur balik bertanya “memangnya pemerintahan Megawati itu konstitusional?” tanya Gus Dur disambut tawa peserta.

    “Kalau pemerintahan Megawati digulingkan orang, itu karma saja. Jadi wajar saja” ujarnya. Karena, bagi Gus Dur pemerintahan sekarang ilegal, legislatifnya ilegal dan Mahkamah Agungnya pengecut.

    Menurut Gus Dur, dalam upaya menyelamatkan konstitusi perlu adanya tindakan-tindakan yang ekstra konstitusional. “Jangan dikatakan inkonstitusional, tapi ekstra konstitusional,” tegas Gus Dur.

    Maksud dari ekstra konstitusional, jelas Gus Dur, adalah menyelamatkan konstitusi melalui jalur-jalur di luar konstitusi.

    Dalam kesempatan itu, Gus Dur mengkritik gerakan oposisi yang selalu menunggu tokoh untuk bergerak. “Anda sekalian seperti orang cengeng. Selalu nunggu tokoh yang mau bergabung untuk bergerak. Masing-masing harus mencoba caranya bergerak sendiri-sendiri,” kata Gus Dur.