Salurkan sumbangan Anda ke Dompet Gus Dur untuk bencana atas nama Yayasan Lembaga Abdurrahman Wahid di Bank Mandiri No. Rekening 070 000 46 89 621 / Bank Mandiri Cabang Menara Bidakara - Jakarta / Kode Swift: BMRIIDJA <---> Transfer your donation for Wasior, Mentawai and Merapi victims through Dompet Gus Dur to Yayasan Lembaga Abdurrahman Wahid (Account Number: 070 000 46 89 621 / Bank Mandiri Cabang Menara Bidakara Jakarta 12190 - Indonesia / SWIFT Code: BMRIIDJA)

Indonesia English


Dari sudut akidah, hak orang Islam memang lebih tinggi dari penganut agama lain. Tapi, Indonesia bukan negara Islam.

Berita

    Anita Wahid Gelar Mitoni di Ciganjur

    JAKARTA-GUSDUR.NET. Putri ketiga Almarhum KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Anita Hayatunnufus baru-baru ini menggelar acara peringatan tujuh bulan usia kehamilannya di kediaman Gus Dur Jl. Warung Silah Ciganjur, Sabtu (24/4) siang.

    Menurut Ibunda Anita Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, acara tujuh bulan atau orang jawa akrab menyebutnya dengan mitoni ini memang merupakan tradisi turun temurun yang sering dijalankan oleh masyarakat di Indonesia, khususnya jawa.

    "Salah satu tujuannya yaitu mohon pertolongan agar kelahiran si jabang bayi nanti selamat, lancar dan sehat", ungkapnya dalam sambutan selaku tuan rumah.

    Sementara itu, kang sobari yang turut memberikan tausyiah budaya pada acara mitoni kemarin memaparkan bagaimana tradisi jawa cukup akrab dilakoni oleh kalangan masyarakat, terutama kaum Nahdliyin. Bahkan penulis "Jejak Guru Bangsa: Mewarisi Kearifan Gus Dur" ini menjabarkan filosofi jawa dalam tradisi mitoni. Seperti kenapa menyajikan berbagai makanan seperti tumpeng, bubur 7 macam, jajanan pasar, ketan, jenang dan lainnnya.

    Setelah sambutan mantan Pemimpin Umum Kantor Berita Antara ini, giliran upacara adat mitoni yang dalam hal ini dipandu langsung oleh Ibu Rento dari sanggar Tien Santoso. Adapun bagian dari upacara mitoni ini terdiri dari: Sungkeman, siraman, memasukkan telor ayam kampung ke dalam kain, upacara brojolan, Upacara memutus lilitan janur/lawe yang dilingkarkan di perut calon ibu, upacara ganti busana dengan 7 buah motif kain yang berbeda, dan rujakan.

    Semua tradisi ini terbungkus rapi dalam rangkaian adat yang sangat khas nuansa jawa. Namun, Ibunda Anita Wahid, Sinta Nuriyah dalam sambutannya sangat berharap, seraya berdoa agar putrinya kelak melahirkan keturunan yang sholeh-sholehah. "Robbana hablana min Azwajina wa dzurriyyatina Kurrota a'yun waj ‘alna lil muttaqiina imaama", tutur istri almarhum Gus Dur ini yang disambut Amin para hadirin. (wrf)